Sabtu, 05 September 2009

walaupun hampir setiap saat kita mendengar google.com namun banyak dari kita yang belum mengenal apa saja yang dapat dilakukan oleh google.
Walaupun google begitu mendominasi namun ternyata masih banyak orang tidak menyadari bahwa Google menawarkan beberapa alat pemasaran gratis (bebas) yang sangat baik untuk para pengguna internet baik blogger ataupun webmaster yang terjun dalam bisnis online.kali ini saya akan jabarkan 10 produk unggulan dari google:

1. Google Analytics

Google Analytics telah terbukti banyak membantu para intrepreneur online dalam melakukan pemasaran di dunia maya. Produk google satu ini memberikan analisa tajam mengenai traffic situs atau blog Anda; dari mana pengunjung berasal, apa saja yang dilihat, berapa rata-rata pengunjung perhari, keyword yang digunakan pengunjung dan analisa lainnya yang tentu sangat berharga untuk menganalisa produk yang Anda pasarkan di internet.

2. Google Sitemaps

Para blogger sudah tidak asing lagi dengan produk google ini demikian dengan para webmaster. Google Sitemaps bisa dengan mudah dibuat dan menjadikannya bagian dari situs-blog atau berupa file xml yang diupload ke google untuk mempercepat dan memudahkan google dalam melakukan index, sehingga memungkinkan blog Anda berada diurutan puncak google search.

3. Google Alerts

Dengan menggunakan google alerts Anda akan diberitahu jika ada seseorang yang melink situs/blog Anda. Produk ini sangat baik untuk melacak aktifitas online serta memonitor bisnis dan produk.

4. Google Froogle

Froogle merupakan google direktori untuk harga-harga. Froogle mempermudahkan kita untuk mencari informasi tentang suatu produk pada sistem penjualan online. Froogle bekerja dengan menggabungkan kekuatan search engine google dan memfokuskan pencarian terhadap suatu produk dan menghasilkan result berupa website dimana kita dapat memesan produk tersebut.

Sebagai pembisnis online Anda bisa mengikuti froogle untuk bagaimana membuat list daftar harga produk dalam situs Anda dan froogle akan menyebarkan daftar harga yang Anda berikan pada ribuan konsumen diseluruh dunia.

5. Google Checkout

Seperti halnya Paypal, dengan Google Checkout maka kita bisa melakukan transaksi layaknya PayPal, untuk daftar Google Checkout kita cukup mendaftarkan kartu kredit dan ketika kita memasuki daftar merchant dari Google Checkout kita bisa bertransaksi dengan menggunakan Google Checkout kita. Jika dulu Google Checkout belum menerima pendaftar dari Indonesia, kini pintu itu telah terbuka. Anda yang biasa melakukan transaksi online bisa menggunakan Google Checkout untuk keperluan belanja ataupun bisnis online Anda. Google Checkout tentu lebih aman dibandingkan Anda harus memasukkan nomor kartu kredit secara langsung.

6. Google eBlogger

Blogging telah menjadi bagian paling penting untuk kelangsungan sebuah situs. Oleh karenanya google search memberikan tambahan “pencarian blog” pada direktori mesin pencarinya. Saat ini sebuah situs haruslah memiliki satu blog dan RSS feed. Membuat blog pada topik yang ada pada situs Anda menjadi nilai tambah untuk meningkatkan traffic dan target pembaca. Google eBlogger merupakan layanan blog yang simple yang bisa Anda gunakan agar terjadi sinkronisasi antara blog dan situs web Anda.

7. Google Toolbar - Enterprise Version

Google Toolbar enterprise version ini terbilang masih baru. Toolbar ini baik untuk perusahaan ataupun bisnis Anda. Google Toolbar menyediakan fitur canggih produktivitas termasuk akses mudah ke Google, disesuaikan tombol pencarian, pencarian instan saran, dan pop-up. Google Toolbar mengintegrasikan fitur terhitung dengan segenap karyawan atau jaringan perusahaan. Ini dapat mencakup umum database pelanggan, kalender perusahaan, berita keuangandan lainnya.

8. Google Groups

Setiap entrepreneur online mengetahui pentingnya memiliki daftar kontak (email) orang dengan minat yang sama. Social networking akan memainkan peran yang semakin meningkat dalam keberhasilan Anda dalam bisnis online. Ambil contoh cepatnya popularitas situs seperti MySpace dan LiveJournal.

9. Google Adsense

Siapa sih yang tidak kenal google adsense…? Google adsense merupakan salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan dari situs/blog Anda. Dengan menempatkan iklan dari google adsense pada situs/blog Anda dan melakukan aktivitas online seperti biasa Anda sudah mempunyai kesempatan untuk meraup dolar dari internet. Faktor penting dari keberhasilan adsense adalah komunitas, traffic dan keyword.

Jika saat ini google adsense masih malu-malu dengan situs/blog berbahasa Indonesia (baca: blog bahasa Indonesia tidak boleh memasang adsense) sepertinya tidak lama lagi adsense akan memperbolehkan blog berbahasa Indonesia mengikuti program adsense. Hal ini terlihat dari pengumuman adsense kemarin atas negara Thailand yang sebelumnya seperti Indonesia tidak diperbolehkan memasang adsense for content.

10. Google Docs

Google docs merupakan fitur editing online. Dengan google docs memungkinkan anda bisa melakukan pekerjaan menulis Anda tanpa menggunakan software semacam microsoft office atau OpenOffice.org. Kemampuannya pun tidak kalah dengan software pengolah kata yang ada; spellcheck dan menyimpan file dalam format PDF bisa dilakukan. Lebih dari itu dengan google docs Anda bisa melakukan posting blog. Dan tentunya dengan google docs kita bisa lebih meningkatkan kemampuan dalam menulis (khususnya bahasa inggris) terlebih jika Anda bergelut dalam program paid review.